Jumat, 03 Januari 2020

Cara Kreatif Bertahan Hidup Sampai Akhir Bulan

Saya pernah mendengat lelucon "apakah anak kos benar-benar hidup atau hanya berusaha bertahan hidup?".  Hal ini cukup masuk akal dan menggelitik. Karena memang rata-rata anak kos menghabiskan uangnya sebelum akhir bulan (sekitar tanggal 20-25). Hal ini biasanya terjadi bagi mahasiswa yang memiliki kiriman dari orang tua, namun terbatas (keluarga status keuangan menengah ke bawah). Oleh sebab itu saya mau berbagai cara kreatif untuk bertahan hidup sampai akhir bulan.

Berikut cara kreatif saya:
1. Rumuskan anggaran pengeluaran yang sudah pasti setiap bulan.
Contoh: Biaya makan, sewa kos, internet.
Hal agar melihat berapa pengeluaran pasti setiap bulannya.

2. Rumuskan beberapa pengeluaran tambahan yang akan terjadi.
Contoh : Biaya jalan-jalan, nongkrong keseringan, dll. Karena hal tersebut bukanlah kebutuhan utama, upayakan meminimalkan pengeluaran untuk hal-hal seperti ini. Maksimal 30 persen dari kiriman setiap bulannya.

3. Ikuti berbagi seminar gratis. Karena selain mendapat ilmu, biasanya seminar menyediakan kudapan (Snack) dan kadang menyediakan makanan. Hal ini cukup membantu mengurangi pengeluaran.

4. Cari kerja paruh waktu atau jualan online.
Sambil kerja sampingan cukup membantu keuanganmu, dan jangan sampai mengganggu kuliah. Hentikan jika itu mengganggu, karena tujuan awalmu adalah untuk kuliah. Jualan online juga merupakan cara yang bagus, kamu dapat menjadi reseller barang orang lain, jual pulsa, dst.

Ya, itu beberapa tips dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih

Tidak ada komentar:

UPR peringkat 82 PTN/PTS Terbaik di Indonesia versi Webometrics

Pada bulan Juli 2019 UPR telah menduduki Peringkat 71 kampus terbaik Se-Indonesia versi Webometrics . Namun, setelah dirilis pada awal tahun...